Kamis, 05 Mei 2011

SKRIPSI BAB V


BAB V
PENUTUP

A.      KESIMPULAN
Berdasarkan dari uraian dan analisis terdahulu, maka dapat dikemukakan beberapa kesimpulan sebagai berikut:
1.         Kompetensi guru merupakan gambaran tentang apa yang seyogyanya dapat dilakukan seseorang guru dalam melaksanakan pekerjaannya, baik berupa kegiatan, berperilaku maupun hasil yang dapat ditunjukkan..
2.         Kompetensi guru terdiri dari kompetensi pedagogik, kompetensi personal, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.
3.         Sejalan dengan tantangan kehidupan global, peran dan tanggung jawab guru pada masa mendatang akan semakin kompleks, sehingga menuntut guru untuk senantiasa melakukan berbagai peningkatan dan penyesuaian penguasaan kompetensinya.
4.         Kepala sekolah memiliki peranan yang strategis dalam rangka meningkatkan kompetensi guru, baik sebagai educator (pendidik), manajer, administrator, supervisor, leader (pemimpin), pencipta iklim kerja maupun sebagai wirausahawan.
5.         Seberapa jauh kepala sekolah dapat mengoptimalkan segenap peran yang diembannya, secara langsung maupun tidak langsung dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan kompetensi guru, dan pada gilirannya dapat membawa efek terhadap peningkatan mutu pendidikan di sekolah.

B.       SARAN
Agar penulisan skripsi ini bermanfaat, maka penulis memberikan saran-saran sebagai berikut:
1.      Kepada Kepala Madrasah hendaknya lebih meningkatkan pengawasan, pembinaan dan bimbingan terhadap peningkatan kompetensi  keguruan khususnya sehingga terciptanya proses pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.
2.      Kepada guru hendaknya  lebih meningkatkan kompetensi atau kemampuan profesional keguruannya, di samping itu juga kemampuan personal dan sosialnya agar lebih baik melalui latihan penataran dan seminar maupun penelaahan literatur-literatur yang berkenaan dengan kompetensi keguruan sehingga akan tercipta sosok guru yang profesional dalam mengelola proses pembelajaran yang optimal dan mempunyai dedikasi dan tanggungjawab kependidikan yang tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar