Kamis, 05 Mei 2011

ABSTRAK SKRIPSI USAHA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PADA MAN I BANJARMASIN


ABSTRAK



Mustafa Ridha. 2010. Usaha Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru pada Man I Banjarmasin, Skripsi, Jurusan Kependidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, Pembimbing: (1) Drs. Hilmi Mizani, M.Pd., (II) Surawardi, M.Ag.


Dalam upaya meningkatan mutu pendidikan, kompetensi guru merupakan salah satu faktor yang amat penting. Kompetensi guru tersebut meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi personal, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dapat dilakukan melalui optimalisasi peran kepala sekolah, sebagai : edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, pencipta iklim kerja dan wirausahawan.
Lokasi penelitian ini berada di satu tempat yaitu pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Banjarmasin. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah Bagaimana usaha kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi profesional guru di MAN I Banjarmasin baik kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional dan Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi peranan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Banjarmasin.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode lapangan (field research) untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, adapun teknik pengolahan data adalah editing, dan koding. Kemudian dianalisis data dengan menggunakan metode deskriptif kualiatif dan disimpulkan secara induktif.
Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah Madrasah Aliyah Negeri 1 Banjarmasin. Objek penelitian ini adalah usaha kepala sekolah Madrasah Aliyah Negeri 1 Banjarmasin dalam meningkatkan kompetensi profesional guru baik kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional dan hal-hal yang mempengaruhinya.
Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa usaha kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru sudah cukup baik, terlihat dari perhatian kepala sekolah terhadap guru-guru dengan mengadakan pelatihan-pelatihan dan seminar kepada guru-guru yang ada di MAN 1 Banjarmasin guna meningkatkan keprofesionalan dalam mengajar.
Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi dalam peningkatan profesional guru ini adalah keterampilan guru dan fasilitas sarana dan prasarana yang belum menunjang dalam proses belajar mengajar serta hal lain yang menyangkut latar belakang pendidikan guru.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar