Ridho Katulistiwa

Loading...

Kamis, 05 Mei 2011

SKRIPSI BAB III


BAB III
METODE PENELITIAN

A.    Jenis dan Pendekatan
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research. Pendekatan yang digunakan melalui pendekatan kualitatif, peneliti merupakan instrumen utama dalam pengumpulan data. Lebih jauh lagi pendekatan kualitatif juga mengandalkan kemampuan manusiawi dalam menyesuaikan diri terhadap berbagai realitas. Sehingga peneliti mampu memahami fenomena yang terjadi dan selanjutnya menangkap makna dibalik gejala yang ada. Sedangkan instrumen penelitian selain manusia, berfungsi sebagai alat bantu dalam proses pencarian data.
Dalam hal ini, peneliti juga berusaha menguraikan mengenai masalah-masalah yang akan diteliti secara holistik (menyeluruh).
B.     Desain Penelitian
Penelitain ini menggunakan desain deskriptif yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Hal ini disebabkan oleh adanya penerapan metode kualitatif. Selain itu, semua yang dikumpulkan berkemungkinan menjadi kunci terhadap apa yang sudah diteliti.
42
 
Maksudnya adalah, laporan penelitian akan berisi kutipan-kutipan data untuk memberi gambaran penyajian laporan tersebut. Data itu bisa berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, foto, dokumen pribadi, catatan atau memo, dan dokumen resmi lainnya.
C.    Subjek dan Objek Penelitian
1.      Subjek
Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah pada MAN I Banjarmasin.
2.      Objek
Objek dalam penelitian ini adalah usaha kepala sekolah MAN I Banjarmasin dalam meningkatkan kompetensi profesional guru baik kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional dan hal-hal yang mempengaruhinya.

D.    Data dan Sumber Data
1.      Data
Data yang penulis gali dalam penelitian ini meliputi :
a.       Data pokok, yang terdiri dari :
1)      Data pokok, yaitu tentang usaha kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru pada MAN I Banjarmasin, yang meliputi :
a)      Aspek pedagogik.
b)      Aspek kepribadian.
c)      Aspek sosial.
d)     Aspek profesional.
2)      Data tentang faktor yang mempengaruhi peran kepala sekolah MAN I Banjarmasin, meliputi :
a)      Pengetahuan yang dimiliki kepala sekolah terhadap studi kompetensi guru.
b)      Manajemen personalia yaitu, data kongkrit tentang seluruh riwayat hidup para guru.
c)      Komponen lain, seperti sarana penunjang yang diperlukan oleh para guru dalam peningkatan kompetensi profesional yang dimilikinya serta alokasi dana yang diperlukan.
b.      Data penunjang, meliputi :
1)      Sejarah mengenai berdirinya  MAN I Banjarmasin.
2)      Keadaan guru dan staf TU MAN I Banjarmasin.
3)      Keadaan siswa MAN I Banjarmasin tahun 2010-2011
4)      Sarana dan Prasarana MAN I Banjarmasin.
2.      Sumber Data
Sumber data dalam penelitian ini adalah :
a.       Responden, yaitu pihak yang terlibat langsung terhadap usaha kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru pada MAN I Banjarmasin, yaitu Kepala MAN I Banjarmasin.
b.      Informan, yaitu pihak-pihak yang dianggap mengetahui masalah ini dan dapat memberikan informasinya, seperti para guru dan pegawai TU pada MAN I Banjarmasin.
c.       Dokumen, yaitu data-data yang berkenaan dengan masalah penelitian ini yang berasal dari sumber tertulis atau laporan tertulis.

E.     Teknik Pengumpulan Data
Untuk mengumpulkan data di atas digunakan beberapa teknik, yaitu:
a.       Observasi,yaitu pengumpulan secara langsung terhadap objek yang diteliti.
b.      Wawancara, mengadakan tanya jawab secara langsung kepada informan dan responden  dengan pertanyaan-pertanyaan yang telah disiapkan terlebih dahulu, untuk memperoleh data  yang berhubungan dengan penelitian ini.
c.       Dokumenter, yaitu dengan menggali data tertulis berkaitan dengan MAN I Banjarmasin dalam bentuk catatan atau dokumen yang dibutuhkan, seperti sejarah berdirinya MAN I Banjarmasin, keadaan para guru dan pegawai tata usaha, administrasinya dan sarana parasarana sekolah.

Untuk lebih jelasnya mengenai data dan sumber data, dan teknik pengumpulan data dapat dilihat pada Matrik Berikut:
MATRIKS
DATA, SUMBER DATA, DAN TEKNIK PENGUMPULAN DATA
No
Data
Sumber Data
TPD
1
Usaha kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru pada MAN I Banjarmasin yang meliputi:
a.    Aspek pedagogik
b.    Aspek kepribadian
c.    Aspek sosial
d.   Aspek Profesional




Kepala Sekolah
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah





Wawancara, Observasi, dan Dokumenter

2










Faktor-faktor yang mempengaruhi peran kepala sekolah MAN I Banjarmasin, Meliputi:
a.    Pengetahuan yang dimiliki kepala sekolah terhadap studi kompetensi guru

b.    Riwayat hidup guru


c.    Sarana dan Prasarana yang diperlukan dalam meningkatan kompetensi profesional guru





Kepsek , Staf TU, Guru.


Kepsek,  Guru


Kepsek, Staf TU dan Guru




Wawancara, Observasi dan  Dokumentasi

Wawancara, dokumentasi

Wawancara, Observasi dan  Dokumentasi

3
Gambaran Lokasi Penelitian

A. Sejarah Berdirinya






B.  Keadaan guru dan staf TU
C.  Keadaan Siswa
D. Sarana dan Prasarana



Kepala Sekolah/wakil, dan guru,




Kepala sekolah, Staf TU, guru, siswa dan Komite Sekolah


Wawancara, Observasi dan Dokumentasi




Wawancara, Observasi dan Dokumentasi


F.     Kerangka Dasar Penelitian
Dalam penelitian ini digali dua macam data yaitu data tentang Usaha kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru pada Man I Banjarmasin sebagai variabel terikat (dependent variable) yang dilambangkan dengan huruf ”Y”. Sedangkan mengenai faktor-faktor yang mendukung dan menghambat peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi Profesional guru pada MAN I Banjarmasin disebut sebagai variabel bebas (independent varieble) yang dilambangkan dengan hurup ”X”. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada skema berikut:

SKEMA

Variabel Bebas                                                                     Variabel Terikat








X1




X2



Y


X3


 



Keterangan :
Y   =     Usaha Kepala sekolah dalam meningkatkan Kompetensi Profesional Guru pada MAN I Banjarmasin.
X1   =     Pengetahuan yang dimiliki kepala sekolah terhadap studi kompetensi guru
X2   =     Riwayat Hidup Guru
X3   =     Sarana dan prasarana yang diperlukan dalam meningkatkan kompetensi profesional guru


G.    Teknik Pengolahan dan Analisis Data
1.      Teknik Pengolahan Data
Untuk mengolah data yang diperoleh digunakan teknik berikut :
a.       Editing, yaitu dengan penyeleksian secara selektif dan intensif terhadap data yang diperoleh dari hasil penelitian lapangan dan melakukan penyempurnaan, sehingga diperoleh data yang valid tentang Usaha Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Pada MAN I Banjarmasin.
b.      Kategorisasi, yaitu dengan melakukan penyusunan secara detail terhadap data yang diperoleh berdasarkan jenis dan permasalahannya sehingga tersusun secara sistematis.
c.       Klasifikasi, yaitu dengan melakukan penyusunan secara ringkas terhadap data yang diperoleh ke dalam sebuah matrik, sehingga lebih mudah dalam memahami dan melakukan analisis.
2.      Analisis Data
Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Deskriftif Kualitatif, yaitu dengan melakukan penelaahan dan pengkajian secara mendalam terhadap data hasil penelitian tentang Usaha Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Pada MAN I Banjarmasin dengan metode induksi sebagai teknik yang digunakan untuk kemudian ditarik kesimpulannya.

H.    Prosedur Penelitian
Dalam hal ini ada beberapa tahapan yang penulis tempuh, yaitu:
  1. Tahapan Pendahuluan
a)      Penjajakan awal ke lokasi penelitian
b)      Berkonsultasi dengan dosen pembimbing
c)      Mengajukan desain proposal skripsi kepada dosen pembimbing untuk dikoreksi dan mohon perrsetujuan judul
d)     Mengajukan desain proposal skripsi kepada biro skripsi dengan memohon persetujuan judul.

  1. Tahapan Persiapan
a)      Berkonsultasi dengan dosen pembimbing mengenai desain proposal skripsi
b)      Mengadakan seminar proposal skripsi
c)      Memperbaiki proposal skripsi berdasarkan hasil seminar
d)     Memohon surat keterangan riset dari Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Banjarmasin dalam rangka pengumpulan data
e)      Menyampaikan surat keterangan riset dari Dekan Fakultas Tarbiyah pada pihak yang bersangkutan
  1. Tahapan Pelaksanaan
a)      Menghubungi pihak yang bersangkutan untuk meminta informasi untuk memberi data
b)      Pengumpulan data sesuai dengan teknik yang direncanakan
c)      Pengolahan dan analisis data dengan teknik yang telah ditetapkan sebelumnya
  1. Tahapan Penyusunan Laporan
Dalam tahap ini dilakukan penyusunan laporan hasil penelitian kemudian diserahkan kepada dosen pembimbing untuk dikoreksi dan disetujui.  Setelah itu diperbanyak, selanjutnya diuji dan dipertahankan di depan sidang Munaqasyah Skripsi Fakultas Tarbiyah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar